You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Ponjen
Desa Ponjen

Kec. Karanganyar, Kab. Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah

Selamat datang di situs resmi Desa Ponjen Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga “Bersama Membangun Desa Ponjen Yang Maju Menuju Masyarakat Yang Sejahtera, Aman dan Berakhlak Mulia”

Desa Ponjen jadi Desa Dampingan Khusus Dinkominfo Purbalingga

Administrator 24 Februari 2023 Dibaca 32 Kali

Purbalingga – Sebagai salah satu daerah yang menyandang urutan atas dalam kemiskinan ekstrem di Jawa Tengah, Kabupaten Purbalingga telah melakukan berbagai upaya dalam pengentasan kemiskinan tersebut.

Salah satu upaya dalam penanganan kemiskinan ekstrem di wilayahnya, Pemkab Purbalingga mengajak semua stakeholder untuk mengentaskan masalah kemanusiaan ini secara bergotong royong.

Berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem, instrumen penghapusan kemiskinan ekstrem yaitu dilakukan dengan tiga strategi yakni, Strategi Pengurangan Beban, Strategi Peningkatan Pendapatan dan Strategi Pengurangan Kantong Kemiskinan.

Sedangkan strategi peningkatan pendapatan dilakukan melalui pemberdayaan sosial dengan kebijakan pengembangan potensi desa, pemberdayaan UMKM, pembinaan wirausaha muda, berbagai pelatihan dan kemudahan investasi.

Dan strategi pengurangan kantong kemiskinan dilakukan dengan kebijakan penyediaan universal access, penanganan kawasan kumuh dan peningkatan konektifitas antar wilayah serta program BSPS, Kotaku, Pamsimas dan Pelibatan CSR.

Merujuk pada kebijakan tersebut, Pemkab Purbalingga melakukan replikasi program inovasi Penanggulangan Kemiskinan Provinsi Jawa Tengah yaitu gerakan “Satu Perangkat Daerah Satu Desa Dampingan Menuju Desa Lebih Sejahtera” dengan meluncurkan gerakan “Satu Perangkat Daerah Satu Desa/Kelurahan Dampingan Menuju Desa/Kelurahan Aman dan Sejahtera”.

Desa/Kelurahan yang akan menjadi lokus dampingan OPD adalah Desa/Kelurahan yang masuk dalam kategori miskin ekstrem. 

Desa Ponjen sebagai salah satu desa yang menyandang status Desa Miskin Ekstrem, menjadi Desa dampingan khusus dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Purbalingga.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh Dinkominfo adalah dengan pengembangan website desa.

Dalam mensukseskan gerakan tentunya dibutuhkan komitmen bersama guna menumbuhkan semangat gotong royong dalam rangka penanggulangan kemiskinan. Komitmen tersebut harus dibangun dan ditumbuhkan oleh semua secara berkesinambungan.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image